Peran Guru dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa SD/MI

Foto : Ilustrasi Keberhasilan Siswa dalam Belajar (diakses dari internet)
Oleh : Moh. Kurdi, S.Pd.I., M.Pd. & Mohmmad Khoirul Umam, M.Pd. (Dosen STAI Al Falah Pamekasan)
Alfan Dewanata (Mahasiswi STAI Al Falah Pamekasan)
Pendidikan adalah pengajaran yang diselenggarakan di sekolah sebagai lembaga tempat mendidik (mengajar). Pendidikan merupakan segala pengaruh yang diupayakan sekolah terhadap anak dan remaja (usia sekolah) yang diserahkan kepadanya (sekolah) agar mempunyai kemampuan kognitif dan kesiapan mental yang sempurna dan berkesadaran maju yang berguna bagi mereka untuk terjun kemasyarakat, menjalin hubungan sosial, dan memikul tanggung jawab mereka sebaagai individu maupun makhluk sosial.
Menurut Suparlan “sebuah pendidikan mempunyai tiga komponen utama yaitu guru, siswa dan kurikulum. Ketiga komponen tersebut tidak dapat dipisahkan dan komponenkomponen tersebut berada di lingkungan sekolah agar proses kegiatan belajar mengajar dapat berjalan sesuai dengan yang diinginkan”.
Guru adalah salah satu faktor penentu kesuksesan setiap upaya pendidikan. Oleh sebab itu guru diharapkan dapat menjadi seorang pendidik, pengajar dan pembimbing untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan menumbuhkan motivasi siswa dalam belajar. Guru wajib memiliki kemampuan dan keterampilan dalam memberikan suatu bidang studi, sehingga dengan adanya semangat siswa untuk belajar berarti mereka akan terpusat perhatiannya untuk mempelajari bidang studi yang diberikan oleh guru. Guru atau pendidik wajib memiliki dan dapat melakukan suatu perubahan atau inovasi dalam pembelajaran. Dalam proses pembelajaran, guru harus bisa membuat inovasi dalam pembelajaran, sebab peserta didik mempunyai keunikan masing-masing, sehingga guru diharap mampu memenuhi kebutuhan peserta didik dalam memperoleh pembelajaran.
Guru merupakan pelita dalam kegelapan. Kegelapan ilmu dan pengetahuan, serta kelemahan hati dan kejumudan pikiran siswa menjadi terang berkat jasa seorang guru. Guru mempunyai peran kombinasi sebagai orang tua yaitu, mendidik, mengajar, membina, penilai dan memelihara anak (siswa). Perbedaannya guru hanya mendidik di lingkungan sekolah dan orang tua di lingkungan keluarga. Karakteristik guru terdiri dari kompetensi dan karakter yang harus dimiliki oleh guru. Guru ideal adalah sosok guru yang mampu menjadi panutan dan selalu memberikan keteladanan.
Ilmu yang dimiliki oleh guru bagaikan mata air yang tak pernah habis semakin diambil semakin jernih airnya. Untuk meningkatkan prestasi belajar yang baik perlu diperhatikan kondisi internal dan eksternal. Kondisi internal adalah kondisi atau situasi yang ada dalam diri siswa, seperti kesehatan, keterampilan, kemampuan dan sebagainya. Sedangkan kondisi eksternal adalah kondisi yang ada di luar diri pribadi manusia, misalnya ruang belajar yang bersih, sarana dan prasaran belajar yang memadai.
Keberhasilan proses pembelajaran ditentukan oleh kehadiran motivasi siswa dalam belajar. Oleh sebab itu, guru perlu menumbuhkan motivasi belajar siswa. Untuk memperoleh hasil belajar yang optimal, guru telah kreatif membangkitkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan berbagai metode menarik seperti diskusi yang menyenangkan, media presentasi yang menarik dan unik sehingga terbentuk perilaku belajar siswa yang efektif.
Guru memiliki peran yang sangat penting terhadap motivasi dan prestasi siswa seperti menjadi demonstrator, pengelola kelas, mediator, fasilitator, evaluator, dan motivator bagi siswa sehingga siswa dapat mencapai prestasi belajarnya. Oleh karena itu diharapkan kepada para pendidik untuk selalu memperhatikan fasilitas dan kompetensinya agar tujuan pembelajaran dan cita-cita pendidikan Indonesia dapat tercapai.
Dari uraian penjelasan diatas menunjukkan upaya dan peran yang dilakukan oleh guru merupakan langkah maksimal untuk mengarahkan dan membimbing siswa untuk menjadi siswa yang dapat meningkatkan prestasi belajarnya. Dengan berbagai langkah dan upaya yang dilakukan oleh guru merupakan langkah konkrit dalam menciptakan generasi yang berprestasi.
Editor :mawardi@2021